Tiada istilah tua untuk belajar.

TUTORIAL INTERNET DASAR

♠ Posted by Unknown in at 10.51

Pengenalan Internet Dasar

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang internet dasar, dengan diadakanya Klaten Go Online masyarakat klaten pun tidak ikut tinggal diam dan membiarkan kesempatan ini sia sia, kami dari komunitas pengguna linux indonesia Klaten atau KPLI KLATEN mengadakan Pelatihan secara gratis pada semua elemen masyarakat yang ada di Klaten, contoh pada saat ini saya sedang memberikan pelatihan kepada Karyawan Dinas Kesehatan atau sering disebut DINKES


Dengan adanya semangat Klaten Go Online kami bertujuan untuk semua elemen masyarakat yang ada di Klaten bisa mengoptimalkan kesempatan ini dengan sangat baik dan bisa mengoprasikan Internet yang sudah kami sediakan secara gratis :)

Tentu sangat menyenangkan bukan kalau seluruh plosok desa yang ada di Klaten bisa mengakses internet dan itu pun gratis, itulah tujuan diadakanya Klaten Go Online, dan sekarang kita akan memperkenalkan sedikit tentang internet, langsung saja kita masuk ke materi awal

Yang perlu disiapkan :
1. Laptop/Notebook
2. Koneksi Internet
3. Browser (Mozila Firefox, Google Chrome, Safari dll)

untuk pertama kali kita buka browser yang sudah terinstall di laptop anda, dan kali ini saya menggunakan Chromium Web Browser

dan kita masukkan alamat pada pada address bar, contoh kita akan memasukkan alamat https://www.google.co.id  dan jangan lupa tekan enter

setelah itu kita akan masuk ke halaman seperti gambar berikut

dan ingat posisi kita sekarang berada pada Google telusuri 


kita sekarang akan mengetikan apa saja pada kolom search engine atau mesin pencari di google, contoh saya akan mencari Erwin Eko Saputro dan jangan lupa tekan enter

maka akan muncul banyak sekali website atau yang berkaitan dengan kata erwin eko saputro , dan kita cukup pilih salah satu website yang kita ingin lihat contoh saya ambil yang palin index yang paling atas

maka kita akan diarahkan kedalam website yang kita pilih tadi dan tampilanya berbeda dengan yang anda lihat sebelumnya

yupz, untuk pencarian di google sudah jelas, dan sekarang kita akan berpindah ke materi selanjutnya yaitu Google Image, tetapi sebelum itu kita masuk kembali ke google.co.id kembali,

dan pada menu kali ini kita pilih menu gambar maka akan muncul tampilan seperti ini

disini kita juga bisa mengetikkan apa saja, atau kita ingin mencari gambar apa saja yang ada di internet, contoh saya akan memasukkan dengan kata kunci Klaten Go Online

dan akan muncul gambar apa saja yang berhubungan dengan kata kunci Klaten Go Online 

Dan sekarang kita pindah materi lagi yaitu mesin pencari google untuk peta atau biasa disebut dengan Google Maps
Seperti biasa masukkan alamat google.co.id kembali dan pilih menu Maps pada menu bar, seperti gambar berikut

seperti biasanya kita masukkan saja kata kuncinya, atau kita akan mencari lokasi yang ingin kita lihat, contoh disini saya akan menggunakan kata kunci Klaten dan jangan lupa di enter

dan akan muncul gambar seperti di atas, jika kita ingin melihat dalam mode satelit kita pilih saja menu peta kecil yang ada di pojok kanan atas maka peta akan berubah menjadi mode satelit

nah sekarang jika ingin melihat lebih detail bisa anda geser dengan scrol pada mouse atau geser ke atas atau kebawah pada tombol yang di lingkari berikut

nah untuk Google Maps sudah faham kan, sekarang kita akan melangkah ke menu selanjutnya yaitu menu Youtube atau biasa digunakan untuk melihat video

seperti biasa kita masuk ke google.co.id terlebih dahulu dan kita pilih menu Youtube

maka akan muncul gambar seperti gambar dibawah ini, mohon maaf untuk gambar yang saya bluer itu mungkin tidak layak untuk dilihat, intinya akan muncul tampilan seperti berikut

dan sekarang saya akan memasukkan kata kunci atau ingin melihat video yang berkaitan dengan smk wikrama 1 jepara, maka akan muncul index yang berhubungan dengan smk wikrama 1 jepara, disini saya ingin melihat dengan index yang paling atas seperti yang ada digambar berikut

dan akan muncul video yang dipilih seperti gambar berikut

dan mungkin cuma sedikit ilmu yang saya bagikan untuk karyawan Dinkes Klaten atau ilmu bagi saya sendiri, karena dengan diadakanya Klaten Go Online semoga masyarakat Klaten bisa menggunakan internet dengan bijak dan tidak salah arah menuju ke yang negatif, dan semoga juga fasilitas yang diberikan akan menambah kenyamanan masyarakat Klaten dan semoga Spirit Klaten Go Online ini bisa diperluas dan bisa di contoh oleh kabupaten kabupaten yang lain

Jika banyak kesalahan dalam penyampaian atikel saya atau ada salah kata yang tidak berkenan dihati para pembaca, saya secara pribadi minta maaf yang sebesar besarnya karena disini saya hanya ingin berbagi untuk semua :D

SEMOGA BERMANFAAT

SALAM TKJ :D

0 komentar: