Tiada istilah tua untuk belajar.

ON AIR DISALMA RADIO 103.3 FM

♠ Posted by Unknown in at 06.00

ON AIR DISALMA RADIO 

"SMK BISA"

oke teman teman pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang On Air di Salma Radio, pada hari minggu tanggal 1 September 2013 saya dan teman teman saya serta pembimbing Prakerin saya yaitu mbah Suro Dhemit di undang untuk mengisi acara Klaten Go Online yang secara langsung disiarkan oleh Salma Radio.



Pada kesempatan ini kami ditujukan pada tema "SMK BISA" , dan saya sangat berantusias sekali dalam mengikuti kegiatan ini dimana saya bisa berbagi dan bisa mengajak publik untuk tidak meremehkan SMK, karena SMK adalah salah satu Dapartement pendidikan yang sangat berkualitas pada abad sekarang, dimana semua orang menginginkan langsung bisa diterima bekerja setelah dia lulus dari sekolah tanpa melakukan atau melanjutkan ke jenjang lebih tinggi atau sering kita sebut dengan kuliah, karena diSMK dituntut untuk menjadi pekerja, jadi SMK biasanya lebih banyak pelajaran praktek dari pada materi, tapi jangan salah anak SMK juga memiliki keahlian yang tinggi, secara survey diindonesia sekolah terbaik masih diduduki oleh anak SMK.

pada kali ini saya akan menceritakan atau mendiskripsikan soal on air tadi, pada tema SMK BISA ini kami dari komunitas BLC-TELKOM KPLI KLATEN akan membahas tentang opensource dari anak SMK, dimana kami selalu menggunakan software yang opensource dan tidak berlisensi atau berbayar seperti Windows, otomatis disini saya akan membahas tentang Linux.

Pada waktu itu operator menanyakan apa saja yang kami lakukan di BLC-TELKOM KPLI KLATEN, dan kami pun menjawab "kami disana itu untuk berbagi secara kemanusian, bukan hanya belajar secara individu atau kelompok, tetapi kami juga membagikan dan mengajarkan ilmu kami kepada orang yang belum tahu walaupun umurnya diatas kami" contoh real kami di BLC-TELKOM KPLI KLATEN setiap minggu pasti mengadakan acara pelatihan, pelatihan itu ditujukan kepada semua elemen masyarakat tidak hanya yang bermartabat kami juga melatih orang yang pembatik dan orang plosok desa, dan kami juga melatih para karyawan dinas kesehatan kabupaten Klaten, kami mengenalkan perangkat komputer dan juga mengenalkan apa itu internet, untuk pembahasan Internet mungkin sudah saya bahas pada Artikel sebelumnya.

Kami juga ditanyakan kegiatan selain mengajar itu apa lagi, dan saya pun menjawab kami disitu diberikan kebebasan, karena dengan tema SMK BISA saya pun ingin bisa memberikan apa yang dibutuhkan oleh suatu oraganisasi sekolah pada masa kini, saya diBLC juga membuat server berbasis web server, mungkin aneh kalo anak SMK bisa membuat WebServer, tapi dimata anak SMK itu tidak ada yang tidak mungkin jikalau ada niat, untuk webserver saya itu masih seperti biasa saja belum terlalu megah, hanya mengenalkan dan saya juga memaksimalkan berbagai aplikasi opensource dilinux, seperti moodle saya gunakan untuk e-learning diweb sekolah, Jibas untuk memudahkan proses interaksi dalam suatu organisasi pendidikan, juga ada openmeeting untuk memudahkan dalam suatu acara rapat penting, dan masih banyak lagi, dalam benak anda pasti ada pertanyaan kenapa saya tidak memakai windows atau aplikasi yang berbayar saja ? memang aplikasi dari windows itu mudah, jika selesei menginstal sudah tinggal pakai saja, tapi apa kita sebagai admin pada server hanya dibutuhkan untuk menginstal aplikasi saja, tentu saja tidak, kita dituntut untuk berkreasi dan berimajinasi dan bisa menerapkanya pada server kita sendiri, dan saya lebih memilih software yang berbasis opensource karena bisa saya kembangkan sendiri tidak ada licensi dan tidak berbayar, dan akan memberikan tantangan tersendiri bagi saya dan bisa saya oprek semau saya.

Kembali ke topik tadi intinya anak SMK itu tidak hanya bisa tawuran atau buat onar saja tetapi juga bisa menjadi kebanggan sebuah negara, disini saya berpesan untuk semua orang tidak hanya untuk anak SMK tapi semua elemen masyarakat khususnya "jangan malu untuk mencoba karena jika tidak mencoba kamu tidak akan pernah tahu, dan jangan pernah takut untuk gagal karena gagal merupakan suatu tahapan awal untuk meraih keberhasilan".

cukup sekian dari saya jika ada salah kata saya mohon maaf yang sebesar besarnya , SMK BISA!!!!!

SALAM TKJ :D

1 komentar:

Wahh..
Ceritanya menginspirasi bung.. :)

"SMK BISA !" (Y)

Saya anak SMK Telkom SP Purwokerto kang, salam kenal..

di TKJ emang hubungan pelajarannya pasti sama jaringan, kalo ane masuk RPL kang,, :D

Code everywhere :v