Tiada istilah tua untuk belajar.

TUTORIAL MEMBUAT USER DIPHPMYADMIN

♠ Posted by Unknown in at 09.15

MENAMBAH USER DI PHPMYADMIN V.2.1

sekarang saya akan membuat tutorial menambahkan user diphpmyadmin, setelah saya menemukan kendala saat mengkonfigurasi Jibas dan saya menemukan peringatan seperti gambar berikut


dengan peringatan atau pesan seperti berikut "The user spesified as a definer ('root'@'%') does not exist" dan setelah saya tanya diforum dan saya googling saya menemukan pencerahan, bahwa saya belum membuat user root dengan password % pada phpmyadmin yang diminta oleh aplikasi yang saya pakai yaitu Jibas

Sekarang saya akan menjabarkan sedikit tentang pembuatanya, sebelumnya masuk ke aplikasi phpmyadmin dengan url "ip_server/phpmyadmin" example saya menggunakan "192.168.12.10/phpmyadmin" setelah itu enter dan akan phpmyadmin akan meminta user dan password, masukkan saja user root dan password yang telah anda buat pada mysql sebelumnya


nah setelah anda memasukkan user dan password dengan benar sekarang, kita akan terdapat pada tampilan berikut, kita pilih Privilages seperti arah mata panah berikut

setelah itu kita akan masuk ke menu Privilages dan akan menemukan daftar user yang sudah ada, karena kita akan membuat user baru maka kita pilih saja link yang sudah diarahkan oleh anak panah yaitu "Add New User"

setelah itu kita konfigurasi atau kita isikan data pada user, karena kita diminta untuk membuat user "root" dengan host "%" dan tanpa password kita masukkan seperti gambar dibawah





dan untuk "Global Privilages" kita pilih "Check All" atau kita tandai semua untuk kemudahan

lalu kita pilih "Go" untuk melangkah ke selanjutnya atau membuat, setelah itu kita akan diberi tahu kalau kita sudah mempunyai user baru seperti gambar dibawah

setelah itu kita check lagi pada menu Privilages apakah sudah terdaftar user yang telah kita buat tadi




dan user kita sudah terdaftar atau sudah ada dalam list Privilages

ya sekarang kita sudah bisa konfigurasi pada Jibas dan mengoprek Jibas, jika ada pertanyaan silahkan tanyakan pada kolom koment, atau jika ada saran atau kritikan silahkan tulis juga

SEMOGA BERMANFAAT

SALAM TKJ :D

0 komentar: