Tiada istilah tua untuk belajar.

PELATIHAN OPENSOURCE DINAS PERHUBUNGAN 2

♠ Posted by Unknown in at 17.42

Selasa, 17 September 2013, pukul 09.00 s/d 12.00 pelatihan tingkat lanjut pada materi blogger dan pengenalan tentang Opensource.


Pada kesempatan kali ini saya dan teman teman yang prakerin di BLC-TELKOM KPLI Klaten dari SMK Wikrama 1 Jepara mendapat jadwal untuk mengajar atau melatih dari para karyawan dinas perhubungan yang katanya karyawan ini akan dijadikan penanggung jawab pada web dinas perhubungan kabupaten klaten nantinya.

Disini kami mengajarkan blogger terlebih dahulu, dalam pembuatan blog ini kami mengajarkan cara membuat menu dan submenu pada web, sebelum membuat menu kita ajarkan terlbih dahulu untuk membuat label, label itu sendiri berada pada saat kita membuat postingan disebelah kanan ada menu label contoh pada gambar berikut:



Nah selain mengedit dan memodifikasi tampilan blogger saya juga mengajarkan tentang Opensource, sebelum jauh ke Opensource saya menerangkan kepada pasukan dari bapak Suyono tentang Sistem Operasi, karena sebelum kita melangkah jauh kepada Opensource kita harus mengetahui Sistem Operasi itu apa atau yang bisa disebut Operating System dalam bahasa inggris.

Setelah sistem operasi sudah faham sekarang kita bahas tentang asal usul dari linux itu sendiri dan berbagai macam software Opensource, untuk materi kali ini sebetulnya Opensource hanya untuk pengenalan seperti biasa saja, dan penekanan lebih ditujukan kepada pengenalan dan editing website, dikarenakan karyawan yang saat ini mengikuti pelatihan itu adalah orang pilihan dari kantor mereka yang mendapat tanggung jawab untuk mengurus website dari Dinas Perhubungan Kab. Klaten.

Dan untuk materi tambahan karena saya tadi sudah membahas tentang linux dan saya tujukan kepada turunan dari debian yaitu ubuntu dan sekarang yang sedang bapak bapak dari Dinas Perhubungan gunakan adalah sistem operasi Zorin yaitu turunan dari Ubuntu, dan materinya adalah perintah dasar pada terminal atau CLI. Untuk perintah dasar bisa dilihat disini

Dan berikut merupakan dokumentasi dari kegiatan tersebut






Demikianlah artikel saya pada kesempatan kali ini

SEMOGA BERMANFAAT

SALAM TKJ :D

0 komentar: