Tiada istilah tua untuk belajar.

FIBER OPTIC

♠ Posted by Unknown in at 15.46


Fiber Optic adalah salah satu kabel jaringan yaitu menggunakan serat optic yang didalamnya berupa serat kaca yang kecil kecil seperti rambut, kabel fiber optic juga dapat mentransmisikan sinyal cahaya dari satu tempat ke tempat lain.

Pada saat instalasi dan penyambungan kabel fiber optic membutuhkan keahlian dan keterampilah tersendiri dikarenakan serat optic itu sendiri sangat berbahaya bagi kesehatan apabila salah satu serat itu masuk ke dalam kulit kita dan rasanya itu bisa sangat amat sakit, maka dari itu keahlian dari fiber optic sangat mahal harganya.

Dalam penyambungan fiber optic diperlukan alat khusus yaitu splicer. Terdapat 2 metode dalam penyambungan optik yaitu : fusion splicing dan mechanical splicing. Fusion splicing memiliki redaman lebih kecil yaitu sekitar 0.1 dBm dibanding Mechanical splicing yang mencapai 0.5 sampai 0.75 dbm di setiap sambungan nya. Fusion splicing melakukan penyambungan dengan cara menyelaraskan / meluruskan kedua ujung serat optik yang ingin disambung, memanaskan dan melebur nya hingga menjadi 1 bagian yang tersambung. Fusion splicer menggunakan nichrome wire (teknik lama), atau CO2 laser atau pun gas api untuk meleleh kan serat optik yang ingin disambung. Seiring canggih nya teknologi terdapat fusion splicer yang mampu melakukan splicing sampai 24 core bersamaan.Umumnya biaya yang harus ditanggung adalah harga per core (satu sisi) rate nya sekitar 50 ribu , itu diluar jasa penarikan kabel dan aksesoris pendukung seperti pigtail, Box ODF dan lain nya.

Pada saat splicing butuh ketelitian dalam menyambungkan 2 kabel fiber optic menjadi 1.

Dan berikut merupakan dokumentasi saat penyambungan kabel fiber optic dan instalasinya :













Demikianlah artikel saya kali ini.

SEMOGA BERMANFAAT

SALAM TKJ :D

0 komentar: