Tiada istilah tua untuk belajar.

PELATIHAN INTERNET DINAS KESEHATAN KLATEN 4

♠ Posted by Unknown in , at 14.14


Rabu 2 Oktober 2013, pukul 08.30 s/d 11.00, pelatihan internet dasar, buat akun email dan pengenalan dari google drive yang dilaksanakan di BLC-TELKOKM KPLI Klaten Jl Srigading no. 7 Klaten, yang dihadiri oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kab. Klaten.

Dalam pelatihan tersebut banyak sekali ilmu yang didapat dalam pelatihan tersebut contoh kecil seperti penggunaan Internet sehat, jadi setiap pelatihan saya selalu memberi sugesti tentang internet sehat karena internet sehat sangatlah penting bagi para pemula yang biasanya mudah terjerumus kedalam dunia maya yang sangat luas ini.

Selain internet sehat juga banyak sekali ilmu yang dapat dipetik dalam pelatihan tersebut seperti pengelana fitur fitur tentang google, pembuatan akun email, mengirim dan membalas email, penyimpanan data melalui google drive, pembuatan dokumen secara bersamaan, pembuatan formulir dan masih banyak lagi.

Terdapat kesan menarik pada saat pembuatan dokumen secara bersamaan, ketika saya membagikan file saya kepada orang banyak, benar memang dalam 10 menit pertama mereka membuat file tersebut menjadi semakin bagus, tetapi pada menit selanjutnya dokumen tersebut bukan menjadi bahan untuk pembelajaran tetapi malah menjadi forum untuk chattingan, tapi disinilah moment yang menyenangkan bahwa setiap peserta tidak canggung lagi untuk mengeluarkan semua kemampuan dalam bidang internetnya walaupun masih ada yang agak kebingungan.

Dalam pelatihan ini seperti biasanya yaitu menggunakan metode diskusi dan kolaborasi, pada saat saya menerangkan para peserta dari dinas kesehatanpun mendengarkan dengan seksama, dan pada saat saya memberikan sesi pertanyaan banyak sekali pertanyaan yang dilontarkan kepada saya, seperti contoh "Apakah perbedaan dari google drive dan email, padahal itu sama sama mengirim data ?" dan saya menjawab "Jika email itu hanya mengirim berupa file seperti dokumen gambar atau tulisan yang lain, tetapi kalau google drive itu dapat berbagi file berupa file berkapasitas besar dan file yang berextensi apapun dan google drive bisa menyimpan file tersebut jika email hanya mengirim"

Selain itu setelah pelatihan selesei tak sedikit pula yang mengatakan bahwa saya itu mahasiswa dari universitas, padahal saya hanyalah anak SMK, disini kita bisa menjelaskan bahwa anak SMK tidak cuma bisa tawuran kita juga bisa mengexplore dan membagikan ilmu kita kepada orang lain demi kemanusian.

Dan berikut merupakan dokumentasi dari pelatihan tersebut










0 komentar: