Tiada istilah tua untuk belajar.

PELATIHAN BLOG DINAS KESEHATAN KLATEN 3

♠ Posted by Unknown in at 12.35

Kamis 26 September 2013, Pelatihan tingkat lanjut atau Intermediate kepada dinas kesehatan dan puskesmas kabupaten klaten, dengan materi pengenalan opensource, pemanfaatan fitur dari opensource serta pembuatan blog.


Disini saya akan bercerita sedikit tentang kejadian tadi, yaitu saat pelatihan untuk pengenalan opensource seperti menginstal aplikasi menggunakan Ubuntu Software Center yaitu tempat untuk menginstall aplikasi, dan didalamnya terdapat aplikasi untuk membantu dalam pekerjaan mereka yaitu dalam bidang medis.

Selain aplikasinya para peserta yaitu bapak dan ibu dari dinas kesehatan beserta puskesmas tertarik menggunakan aplikasi dari Libre Office karena lebih simple walaupun mereka masih asing dengan nama Libre Office tapi mereka sudah bisa menggunakan dengan lancar seperti menggunakan Microsoft Office dari produk Windows, mereka sangat tertarik saat pembuatan file dari Libre Office Calc atau kalau dalam Microsoft Windows yaitu Microsofot Excel, mereka membuat dokumen dengan lancarnya dan juga pada saat menyimpan para pesertapun kaget pada saat menyimpan karena dalam Libre Office bisa menyimpan menggunakan Extention apapun bisa menggunakan: csv,dbf,dif,fods,html,ods,ots,pxl,slk,stc,sxc,uos,xls,xlsx,xlt dan xml.
Dan untuk extention yang saya garis bawah dan saya tebalkan itu merupakan yang file extention yang sering kita temui, untuk ods adalah file extention default dari Libre Office Calc, jika file extention xlsx adalah file extention dari Microsoft Excel 2007.

Dan ada yang menarik saat saya mengajarkan tentang blog, pada saat saya memberikan materi membuat template banyak yang mendapat template yang sangat bagus dan tidak saya duga selang beberapa menit saya mengajar mereka sudah bisa posting lebih dari 1 postingan padahal belum saya perintahkan untuk membuat posting kembali, memang saya dari awal memberikan sugesti agar mereka memperbanyak dan memperindah blog mereka sendiri.

Dan berikut merupakan dokumentasi dari pelatihan tersebut:















Dan berikut adalah dokumentasi yang tidak sengaja saya ambil bahwa mereka membawa bekal sendiri dalam pelatihan dan itu membuat saya sangat bersamangat untuk mengajar, walaupun hanya makanan kotak tapi mereka dengan penuh antusias dan sudah persiapan sejak awal dan memang berniat untuk mengikuti pelatihan ini dengan membawa makanan.


Demikianlah artikel saya kali ini.

SEMOGA BERMANFAAT

SALAM TKJ :D

0 komentar: