Tiada istilah tua untuk belajar.

PELATIHAN MTCNA ITSC SMK N 2 KLATEN

♠ Posted by Unknown in at 13.45


Sabtu 28 September 2013, pukul 13.00 s/d 18.00, Pelatihan TCP/IP dan Mikrotik MTCNA kelas ITSC SMK N 2 KLATEN.

Pelatihan yang dilaksanakan di BLC-TELKOM KPLI Klaten, dengan peserta yaitu anak ITSC SMK N 2 Klaten, dengan materi TCP/IP dan dilanjutkan dengan Mikrotik MTCNA, terdapat banyak sekali materi yang bisa didapat oleh anak ITSC beserta saya sendiri.

Dan ternyata dari peserta pelatihan yaitu anak ITSC SMK N 2 KLATEN ada salah 1 anak yang penunggang naga atau pengguna dari Backtrack, tetapi pada saat ada pertanyaan berapa kelas IP ternyata 1 group dari ITSC mengatakan atau meyakinkan bahwa kelas IP terdapat 5 kelas yaitu kelas A, kelas B, kelas C, kelas D dan kelas E, dan berikut merupakan dokumentasi pada saat mereka semua mengacungkan jari.


Dan sekali lagi ada pertanyaan dari mbah Suro Dhemit yaitu "Apakah mobil dengan kunci alarm pada mobil termasuk OSI Layer ?" dan ada beberapa jawaban tapi yang paling tepat adalah "Karena perangkat atau alat dari kunci alarm dan mobil bukanlah termasuk dari OSI Layer".

Dan inilah siswa yang mendapatkan hadiah dari mbah suro yaitu majalah Linux beserta DVD:



Selain OSI Layer dan TCP/IP materi yang selanjutnya yaitu tentang Mikrotik dasar. Pada materi kali ini metode kolaborasipun digunakan yaitu pemateri mempraktekan dan menjelaskan pesertapun ikut mempraktekan serta mendengarkan apa yang diucap oleh pemateri.

Konfigurasi mikrotik dasar seperti reset device routerboard konfigurasi ip address, firewall, dhcpclient, ntp, serta hotspot.

Padaq konfigurasi hotspot banyak sekali kejadian yang lucu, misalnya dari siswa yang mengkonfigurasi mikrotik lupa password atau username dan yang mengkonfigurasi tersebut dipukul sama temanya, dari situ bisa kita ambil kesimpulan bahwa pembelajaran tidak perlu terlalu serius dan tegang, dengan bercanda dan relax mungkin bisa menjadikan ilmu lebih mudah terserap dan suasana tidak tegang.

Dan berikut merupakan dokumentasinya :





Demikianlah artikel saya kali ini.

SEMOGA BERMANFAAT

SALAM TKJ :D

0 komentar: