Tiada istilah tua untuk belajar.

ON AIR SALMA RADIO 103.3 FM

♠ Posted by Unknown in , at 14.44

Minggu 29 September 2013, On Air Salma Radio 103.3 FM dengan membawa tema Internet Sehat.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan artikel tentang On Air kemarin, pada on air tersebut saya dan 2 teman saya mendapat giliran untuk mengungkapkan atau mengutarakan tentang Internet Sehat.

Dengan kemajuan yang sangat pesat seperti saat ini yaitu Tekhnologi Informasi yang sangat cepat dan canggih, tentu pula banyak sekali dampak positif dan negatifnya, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan tentang internet sehat dari golongan individu, keluarga, serta masyarakat umum.

Pada perbincangan awal yaitu tentang pengertian Internet Sehat, dari namanya sendiri yaitu Internet Sehat jadi kita bisa memilah milah atau menyaring dengan bijak antara yang positif dan negatif pada internet, karena batasan budaya etika moral serta agama didunia internet itu sangatlah tipis, bagaimana tidak kita bisa melakukan pertukaran data dengan siapapun didunia dengan internet bukan hanya bertukar data kita juga bisa berinteraksi secara langsung, bukan hanya suara gambar merekapun bisa terlihat secara realtime pada waktu itu juga, maka dari itu kita harus bisa memilah milih lagi tentang internet.

Sebelum kita berbica internet sehat kepada masyarakat umum kita harus melihat atau mengoreksi diri kita terlebih dahulu apakah kita sudah benar dalam pemanfaatan internet dalam hal kecil jika kita membuka internet itu tidak membuka situs yang berbau porno. Selain itu dalam penggunaan internet itu sendiri yang harus kita jaga adalah kesadaran dari masing masing individu.

Dari lingkungan keluarga khususnya orang tua harus lebih pintar dalam memberikan pengetahuan dan fasilitas kepada anak karena anak jaman sekarang anak anak ingin tahunya lebih tinggi dan sangat mudah terpengaruh dengan budaya barat, maka dari itu keharmonisan dalam rumah tangga sangatlah penting dalam menjaga semua itu.

Dan sekarang dari masyarakat umum, seperti kita tahu internet sekarang berada dimana mana dan kita bisa mengaksesnya kapanpun yang kita mau misalnya diwarnet sering saya temui salah satu warnet yang aneh tidak digunakan untuk pembelajaran tetapi digunakan untuk pacaran, tidak dipungkiri lagi sekarang banyak sekali penyalah gunaan atau pemanfaatan dari internet itu sendiri, dan kembali lagi kepada kesadaran dari setiap individu kembali.

Tips internet sehat:

  1. Internet Sehat Keluarga
    • Keharmonisan Keluarga
    • Jangan memberikan fasilitas terlalu berlebihan kepada anak
    • Selalu pantau perkembangan anak 
    • Selalu dampingi anak dalam bermain internet
    • Tempatkan komputer pada ruang keluarga atau tempat yang selalu bisa dipantau oleh seseorang
  2. Internet Sehat Masyarakat
    • Dalam penggunaan wifi gratisan usahakan firewallnya selalu diaktifkan
    • Lebih banyak mencari referensi tentang pendidikan dari pada menghabiskan waktu dalam bermain facebook
  3. Dalam penggunaan Sistem Operasi atau OS usahakan yang asli atau originil, serta saya menyarankan untuk menggunakan OS Linux dalam browsing karena dilinux aman
  4. Jangan pernah sembarangan dalam klik link yang diberikan kepada orang yang tidak dikenal, karena bisa berarti itu merupakan spam atau penipuan
  5. Hindari software bajakan karena software bajakan biasanya banyak sekali virus yang mudah menyebar
  6. Jangan mengumbar data pribadi, karena bisa jadi nanti dimanfaatkan oleh pengguna internet yang tidak bertanggung jawab untuk menghancurkan martabat dari korban, ancaman, pemerasan dan tindak kejahatan yang lainya.
  7. Berhati hatilah pada saat mengupload video maupun gambar, sebelum mengupload difikirkan terlebih dahulu video atau gambar tersebut bermanfaat bagi diri sendiri atau bagi orang lain tidak
  8. Penggunaan DNS Nawala pada setiap komputer atau laptop
Dan berikut merupakan dokumentasi konyol pada saat On Air:







Dan teman teman juga bisa mendengarkan kembali siaran tersebut bisa di download disini

Demikianlah artikel saya pada kesempatan kali ini.

SEMOGA BERMANFAAT

SALAM TKJ :D

0 komentar: